info@smpitrr.sch.id
073200000
blog-img
10/03/2020

Strategi Hadapi Ujian Menurut Ust Agus Suryadi

Admin | Pendidikan

(MEDIA SMPIT RR) Pada kegiatan sholat jumat yang dilaksanakan pada kemarin(6/3) ada hal yang menarik yang mana kepala sekolah SMPIT Rabbi Radhiyya  memberikan pengarahan kepada anak-anak bagaimana strategi menghadapi ujian. Pengarahan tersebut dimaksudkan mengingat pada tanggal 2- 7 Maret sekolah melaksanakan UTS dan pada bulan April mendatang akan dilaksanakan UNBK.

Menurut ust Agus Suryadi dalam menghadapai ujian baik itu UTS, Kenaikan kelas, To, ataupun UNBK ada beberapa strategi yang mesti dilakukan siswa yaitu

Pertama Deep Study

Pada langkah pertama yang mesti kita lakukan adalah dengan memahami secara mendalam suatu konsep materi yang akan diujiankan nantinya. Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya bahwa soal Ujian saat ini berbentuk konsep HOTS mempunyai level yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya Kenapa demikian? Karena soal-soal HOTS membutuhkan kemampuan menganalisa, pemikiran kritis, pemecahan masalah, kreativitas, hingga inovasi. Untuk itu, kamu harus benar-benar paham mengenai sebuah konsep materi. Kamu tidak bisa hanya menghafal atau mempelajari rumus cepat. Kamu harus mengetahui makna dari sebuah definisi, dari mana datangnya sebuah rumus, hingga mengaitkan satu bab dengan bab-bab lain yang sudah dipelajari sebelumnya.

Kedua pelajari Kisi-Kisi Soal

Soal Ujian Nasional dengan konsep HOTS juga mungkin akan membuatmu lebih pusing dan bingung harus belajar darimana. Nah, supaya kamu nggak bingung dan bisa belajar lebih terarah, coba deh pelajari kisi-kisi soal ujian yang diberikan oleh guru mapel.

Ketiga Memiliki rasa Percaya Diri

Apabila persiapan sudah dilakukan dari jauh-jauh hari dan di rumah kamu sudah merasa siap menghadapi Ujian Nasional, jangan sampai percaya diri tersebut hilang ketika kamu mendapatkan kunci jawaban dari teman. Karena dalam Ujian Nasional itu terdiri dari beberapa paket, otomatis beda soal juga beda jawaban. Maka jangan terlalu percaya ketika orang memberi jawaban. Meskipun memiliki paket yang sama, kamu juga harus beripikir “bagaimana kalau jawaban yang benar adalah jawaban kamu”.

Keempat Fokus

Fokus dapat diartikan sebagai bentuk perhatian pikiran dan kemampuan kita tertuju pada apa yang kita kerjakan dalam kata lain dalam mmengerjakan soal diharapkan tidak usah memikirkan perkara hal-hal yang lain misal, dalam mengerjakan soal matematika tentu kita harus fokus mengerjakan soal tersebut dan tidak usah memikirkan persoalan dirumah, atau pun persoalan dengan teman dan lainnya. Inti dari fikus tersebut adalah bagaimana pola pikir kita tertuju pada apa yang dikerjakan.

Kelima Jaga Stamina/Kesehatan

Stamina sangatlah penting dan berperan dalam menghadapi ujian baik itu ujian sekolah berbentuk UTS ataunpun uNBK dan hendaklah kita tetap menjaga stamina dan kesehatan bila waktu tidur yahm diharapkan tidur, jika waktu belajar yah belajar. Dari apa yang disampaikan tersebut diharapkan kita lebih menjaga pola stamina dan kesehatan kita. Jika belajar jangan terlalu diporsir melebihi waktu istiurahat, sama juga dengan waktu istirahat jangan pula digunakan untuk bermain gadet dan perlatan elejtronik.

Keenam Refreshing

Refreshing dapat diartikan bagaimana kita dapat menyegarkan ataupun menstabilkan kondisi otak kita sehingga tidak penat. Refreshing dapat dilakukan bilamana kondisi diri kita mulai suntuk ataupun lelah dalam memahami soal ujian, sehingga diharapkan sebelum melaksanakan ujian kita dapat menikmati pemandangan alam, jalan-jalan ataupun berkunjung misalnya.

Ketujuh Berdoa

Dan yang terakhir adalah berdoa, yup berdoa adalah senjata yang terakhir digunakan bilamana usaha yang kita dilakukan pada beberapa point diatas sudah dilaksanakan. Terkadang apa yang kita harapkan belum tentu mendapatkan hasil yang kita inginkan oleh karenanya berdoa adalah salah satu solusi yang tepat agar usaha yang dilakukan mendapatkan hasil maksimal. The last but not least, berdoa! Semakin banyaklah berdoa agar kamu diberikan kelancaran selama Ujian.  Baik  dari  kesehatan,  saat  mengerjakan,  hingga  hasilnya  nanti.  

Sekian beberapa tips yang bisa coba aplikasikan untuk persiapan Ujian. Tapi, semua tips di atas akan percuma, jika kamu tidak mulai mempraktekkannya. (af)

 

Bagikan Ke:

Populer