Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu pembahasan penting dalam Kurikulum Merdeka.
Tujuan dari P5 dalam Kurikulum Merdeka menjadikan peserta didik sebagai generasi bangsa yang unggul, kreatif, dan produktif serta berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan. Sesuai dengan Visi Pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila, dengan mewujudkan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
Dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) memberikan ruang dan waktu untuk peserta didik dalam mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Mandiri, Bergotong royong, Bernalar kritis, dan Kreatif.
Di samping itu, melalui kegiatan P5 diharapkan dapat merencanakan proses pembelajaran projek profil dengan tujuan akhir yang jelas, mengembangkan kompetensi sebagai pendidikan yang terbuka serta untuk berkolaborasi pendidikan dari mata pelajaran lain untuk memperkaya hasil pembelajaran.
DI tahun ini, SMPIT Rabbi Radhiyya menggelar panen karya P5 dengan mengangkat Tema “Bersama Kita Wujudkan Profil Pelajar Pancasila Yang Cakap Dan Cendekia”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 13/06/2024 dalam bentuk ekshibisiku dalam 4 tema yakni :
Panen karya P5 di SMPIT Rabbi Radhiyya tahun ini, menampilkan kreasi dan kreatifitas dari peserta didik yang dikemas apik melalui karya nyata seperti dapat dilihat melalui senam P5 yang ditampilkan pada saat pembukaan, yang diangkat dari tema pertama yaitu “Bangunlah jiwa dan raganya”.
Demokrasi yang terbuka, jujur, adil dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dapat diapresiasikan dalam simulasi pemilihan Ketua HAMAS yang diangakat dari tema ke-dua yatu “Suara Demokrasi”.
Pemanfaatan internet dan sosial media dengan cerdas dan bijak, juga ditampilkan dalam bentuk ekshibisi yang menarik. Diharapkan peserta didik setelah mengunjungi stand ini dapat bijak dalam menggunakan jejaring sosial, dan dapat menggunakan internet untuk membantu mempermudah dalam mengakses informasi yang bermanfaat maupun mempermudah dalam belajar.
Tema ke-empat, yaitu “Gaya hidup berkelanjutan” dapat kita lihat bersama melalui beberapa projek yang sangat kreatif dan membanggakan, seperti Ecoprint, Ecobrick serta green house. Melalui projek Ecoprint, pengunjung disambut dengan hasil karya berupa cap atau motif tumbuhan yang dituangkan cantik pada media kain/kanvas yang dipajang pada sudut stand.
Sedangkan Ecobrick menyuguhkan pengunjung dengan pameran pemanfaatan sampah plastik yang diolah menjadi berbagai produk yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis, serta Green house dan tanaman obat, menjadikan lingkungan sekolah lebih asri dan memiliki apotek hidup yang bermanfaat untuk warga di lingkungan sekolah.
Panen karya P5 tahun ini, SMPIT Rabbi Radhiyya juga mengadakan kegiatan lomba menghias tumpeng jajanan pasar. Kegiatan ini diikuti antusias oleh seluruh santriwan dan santriwati perwakilan dari setiap kelas. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan jajanan tradisional Indonesia lebih baik lagi, serta mengembangkan kreatifitas santriwan dan santriwati SMPIT Rabbi Radhiyya dalam menghias tumpeng.
Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat melatih kepercayaan diri santriwan dan satriwati dalam berwirausaha, yang bermanfaat untuk membangun jiwa kewirausahaan untuk sekarang maupun masa yang akan datang.
Ustadz Rudi Irawan S.Pd.I selaku Ketua panitia Kegiatan Panen karya P5 menyampaikan “belajarlah sepanjang hayat, belajarlah untuk berkarya, belajarlah untuk berbuat yg terbaik”. Beliau juga menyampaikan kesan sederhana tentang kegiatan hari ini yaitu, hal sederhana bisa menjadi istimewa melalui usaha dan sudut pandang tepat, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan dapat terlaksana kembali ditahun depan.
Penuh kreasi, panen karya P5 SMPIT Rabbi Radhiyya tahun ini berjalan dengan lancar dan penuh antusias baik dari ustadz-ustadzah maupun seluruh santriwan dan santriwati SMPIT Rabbi Radhiyya.
(Media SMPIT RR) Dalam rangka...
(MEDIA SMPIT RR) Pembangunan lantai...
Rejang Lebong, SMPIT RR -...
(MEDIA SMPIT RR) Pada kegiatan...