info@smpitrr.sch.id
073200000
blog-img
13/10/2021

Kegiatan ANBK SMPIT RR Berjalan Lancar Ini Kuncinya

Admin | Pendidikan

MEDIA SMPITRR. Pelaksanaan Asesmen nasional tingkat SMP yang berlangsung pada Tanggal 6-7 Oktober di SMP IT Rabbi Radhyiyya berjalan lancar. Kegiatan yang memakan waktu selama dua hari tersebut diikuti 50 siswa kelas delapan yang mana pada dibagi menjadi dua ruang serta dua sesi.

Kegiatan ini merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Dalam kegiatan tersebut memang ada berapa masalah seperti masalah koneksi serta beberapa perangkat komputer mengalami gangguan. Namun permasalahan tersebut bisa kita atasi.

‘ Ada beberapa komputer yang error tapi alhamdullilah bisa kami atasi dengan baik’ ucap Muchroji selaku ketua panitia.

Selain itu menurutnya dalam pelaksanaan kegiatan tersebut hampir sama dengan kegiatan UNBK hanya saja yang membedakan yaitu dari peserta, jika UNBK pesertanya kelas sembilan maka pada kegiatan ANBK adalah kelas delapan,

‘ANBK hampir sama dengan UNBK yang memedakan hanya pesertanya’. ujarnya

Selain itu ditambahkannya jika kegiatan ini diprioritaskan bukan untuk mendapatkan nilai perindividu melainkan nilai persatuan tingkat pendidikan, oleh karenannya maka setiap siswa tidak perluh khawatir terhadap ANBK ini.

Dilanjutkannya Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.  Seperti mana yang tertuang dalam surat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi No. 030/H/PG.00/2021 tentang juknis ANBK.

‘Memang awalnya kita bimbang menjelaskan kepada anak, tentang kegiatan ini namun, akhirnya mereka mengerti juga sehingga kegiatan ANBK ini dapat berjalan dengan baik. Ujar Muchroji. (Af)

Bagikan Ke:

Populer